Sunday, March 27, 2016

PROJECT CHARTER DOCUMENT PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK

Project Charter Document


Project Name: Pembangunan Sistem Informasi  Akademik Dengan Menggunakan  Borland Delphi Pada    Teknik  Industri    Universitas Widyatama
Company :

Focus Area: Application Design

Product/Process: Aplikasi Sistem Informasi  Akademik

Project Time : 19 March 2016 till 17 July 2016

Cost Estimation : Rp 100.000.000


Prepared By

Document Owner(s)
Project/Organization Role
Muhammad Adnan Yusuf
Project Manager
Donny Aliyanto
Developer
Teknik  Industri Universitas Widyatama
Stakeholder


Project Charter Version Control

Version
Date
Author
Change Description
1.0
24/03/2016
Muhammad Adnan Yusuf
Document created






TABLE OF CONTENTS

1     PROJECT CHARTER PURPOSE

2     PROJECT EXECUTIVE SUMMARY

3     PROJECT OVERVIEW

4     PROJECT SCOPE

4.1       Goals and Objectives

4.2       Departmental Statements of Work (SOW

4.3       Organizational Impacts

4.4       Project Deliverables

4.5       Deliverables Out of Scope

4.6       Project Estimated Costs & Duration

5     PROJECT CONDITIONS

5.1       Project Assumptions

5.2       Project Issues

5.3       Project Risks

5.4       Project Constraints

6     PROJECT STRUCTURE APPROACH

7     PROJECT TEAM ORGANIZATION PLANS

 APPROVALS










1      PROJECT CHARTER PURPOSE

Tujuan dari proyek ini adalah pembuatan sebuah aplikasi  layanan  informasi  akademik menggunakan borland Delphi untuk Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Widyatama Bandung. Aplikasi ini dibuat untuk menangani pengelolaan dan penyajian data-data akademik yang dibutuhkan oleh mahasiswa dan pengguna yang membutuhkan data dan informasi yang disediakan sistem.  Website  akan  berisjadwal kuliah, jadwal praktikum, KRS, KHS, data kurikulum, data TA/KP, data alumni, data mahasiswa, data dosen, dan katalog buku.



2      PROJECT EXECUTIVE SUMMARY

•   Project goals
•   Objectives
•   Scope
•   Assumptions
•   Risks
•   Costs
•   Timeline
•   Approach
•   Organization



3      PROJECT OVERVIEW

Informasi  adalah  salah  satu kata  kunci  pada  era globalisasi  sekarang  ini  .     Semua kegiatan   kita  memerlukan   informasi   dan  bisa  dikatakan   bahwa  semua  kegiatan kita     dituntut     untuk     menghasilkan      informasi.     Untuk     mendapatkan      dan menghasilkan      informasi     yang     selalu     terkini,     komputer     dan    teknologi pendukungnya   merupakan  alat bantu  yang  paling tepat.  Tuntutan  kebutuhan  akan informasi     dan    penggunaan     komputer     yang    semakin     banyak    mendorong terbentuknya   suatu jaringan  komputer  yang  mampu  melayani  berbagai  kebutuhan tertentu,    

Dengan    adanya   jaringan     komputer,    pengelolaan     informasi    dapat dilakukan  dengan  lebih  baik  lagi.  Berkembangnya   teknologi   dan kebutuha akan informasi  menyebabka bertambah  kompleksnya   informasi  yanhams  dan yang bisa    diolah,    sehingga    kebutuha penggunaan    beberapa    jaringan    komputer bersama-sam semakin  diperlukan.   Penggunaan  jaringan  secara  bersama-sam ini tumbuh  membentuk  jaringan  komputer  yang  amat  besar  yang terse bar  di seluruh belahan  bumi ini yang dikenal dangan jaringan  internet.


Manajemen    membutuhkan     informasi    sebagai    dasa pengambilan    keputusan mereka.     Sistem    infonnasi    mempunyai     peranan     yang    penting     di    dalam menyediaka informasi untuk  manejemen  semua tingkatan.  Tiap-tiap  kegiatan dan keputusan  manajemen  yang  berbeda  membutuhka informasi  yang berbeda.  Oleh karena  itu,  untuk  dapat  menyediaka informas yang  relevan   dan  berguna  bagi manajemen mak pengembangan    sistem    informas ham memahami   terlebih dahulu kegiatan  yang  dilakukan  oleh  manajemen  dan tipe keputusannya.

Kebutuha akan  informas dalam  sebuah  organisasi  sangat  diperlukan   sehingga tida dapa dipungkiri    bahw informasi     sangat   diperlukan    oleh    pemegang keputusan   sampai  tingkat   entry level   dalam  hal  ini  Admin  yang  mempunyai kepentingan   dalam menyediakan  data untuk  dapat diolah menjadi  informasi. Jurusan   Teknik  Industri  Universitas   Widyatama   dalam  kaitannya   dalam  proyek pembangunan      sistem    informasi     manajemen     akademik     (SIMAK)     dengan pendanaan  dari dana hibah  Program  Semi-QUE V  Direktorat  Jenderal  Pendidikan Tinggi,  perlu  melakukan   penataan  jurusan   secara  sistem  dan  administrasi   untuk memudahkan   proses   penyediaan   informasi   bagi  mahasiswa   dan  meningkatkan pelayanan   bagi  mahasiswa   dalam  berbagai   proses   akademik   seperti   ;    layanan transkrip,  jadwal  kuliah,  jadwal   praktikum   dan  data-data   lain  yang  menyangkut proses  administrasi  akademik.

4      PROJECT SCOPE


4.1   Goals and Objectives

Goals
Objectives
Proyek akan menambahkan informasi umum dan sejarah mengenai laboratorium
e-bisnis

1.   Melakukan interview kepada pimpinan laboratorium e- bisnis
2.   Melakukan interview kepada mahasiswa warga laboratorium e-bisnis
3.   Mengembangkan halaman / page webiste mengenai sejarah dan informasi umum
Proyek akan memberikan dan mengembangkan fitur download pada karya- karya non commercial

1.  Mengembangkan fitur download pada website
2.  Menyiampakan storage untun menyimpan hasil karya mahasiswa e-bisnis


4.2   Departmental Statements of Work (SOW)

Departmental SOW
Owner/Prime
Due Date/Sequence
Persiapan administrasi clanpengajuan proposal proyek Pembangunan SIM
Project Manager
Melakukan pengajuan propesaln proyek agar bisa terlaksana dengan baik
  Ekplorasi data dan landasan teori untuk  tinjauan pustaka
Application Analyst,Stakeholder
 Mendiskusikan dan  membuat  Ekplorasi Data apa saja yang akan dipakai di Sistem nantinya dan membuat landasan teori untuk tinjauan pustaka
Melakukan analisis system yang berjalan
Application Analyst,Stakeholder
System analist dan Stakeholder bersama-sama mendisikusikan analisis sistem yang sesuai dengan kebutuhan stakeholder
Analisa kebutuhan sistem
Application Analyst,Stakeholder
System analist dan Stakeholder bersama-sama mendisikusikan kebutuhan sistem yang sesuai dengan kebutuhan stakeholder
Perancangan basis data
Application Developer,Stakeholder
Database Administrator dan Stakeholder bersama-sama database apa saja yang nantinya akan dipakai
Perancangan Interface
  Programmer
Melakukan perancangan User Interface
Perancangan Program dan Implementasi
Programmer
Melakukan perancangan Program dan Implementasi Program
Perancangan infrastuktur basis data
Application Developer
Melakukan Mengecekan Infrastuktur Basis Data
Perancangan sistem report dari akademik
Application Developer,Application  Analyst
 Melakukan Pecancangan Sistem  Report
Trial SIM
Tester
Melakukan  uji  coba  terhadap aplikasi yang terlah dibuat
Penerapan sistem dan Pemeliharaan
Tim Proyek
Tim  melakukan  implementasi aplikasi






4.3   Project Deliverables

Milestone
Deliverable
1.   Melakukan wawancara atau interview kepada stakeholder utama untuk mendapatkan kebutuhan proyek yang sesuai
·        Mendapatkan data dan informasi mengenai proyek
·         Mendapatkan kebutuhan utama stakeholder
·         Data struktur organisasi Teknik Industri UWB
·         Data para dosen Teknik Industri UWB
·         Data para mahasiswa Teknik Industri UWB
·         Menentukan batasan proyek
·         Menentukan estimasi kebutuhan dana awal
·         Menghasilkan dokumentasi pertemuan
·         Menghasilkan dokument kebutuhan proyek
2.   Melakukan wawancara terhadap stakeholder lainnya (mahasiswa)
     Mendapatkan kebutuhan utama dan pendukung untuk proyek
•    Dokumen kebutuhan proyek
•    Dokumentasi pertemuan
•    Dokumentasi pengembangan aplikasi
3.   Pembuatan Sistem
(prototyping)
•    Mendapatkan hasil website sementara (prototype)
•    Layanan website sudah bekerja 80 persen
•    Dokument pengembangan aplikasi (progress)
4.   Desain Interface
     Hasil desain website telah selesai dan tetap merujuk pada dokumen kebutuhan
•    Dokumen pengembangan aplikasi (final)
5.   Presentasi Prototype kepada stakeholder
•    Mendapatkan feedback dari stakeholder
•    Informasi tentang kebutuhan minor
•    Dokument kebutuhan proyek
6.   Presentasi produk akhir
     Layanan berjalan sesuai dengan kebutuhan stakeholder
•    Sistem dapat berjalan dengan baik
•    Produk telah diimplementasikan



4.4   Deliverables Out of Scope

Tidak termasuk dalam proyek ini adalah pengimplementasian proses bisnis yang terjadi didalam  laboratorium  e-bisnis.  Selain  itu  pengolahan  data  dan  data  diluar  dari  ruang
lingkup pengerjaan proyek juga tidak termasuk dalam kebutuhan proyek dan tidak digunakan dalam proses pengerjaan proyek. Adanya beberapa hal mengenai laboratorium e-bisnis yang tidak termasuk dalam ruang lingkup pengerjaan proyek profiling diataranya adalah berupa kode program dari tiap aplikasi yang dihasilkan oleh labooratorium e-bisnis.



4.5   Project Estimated Costs & Duration

Project
Milestone
Date
Estimate

Deliverable(s) Included

Confidence Level
Melakukan interview pada stakeholder
19/03/2016
    Informasi mengenahi laboratorium e-bisnis
    Informasi stakeholder yang terlibat
    Informasi proses bisnis yang ada
    Informasi struktru organisasi
•    Informasi Prestasi dan
Karya
•    Dokumen Kebutuhan
High
Analisa hasil interview
02/04/2016
     Mendapatkan kebutuhan utama
•   Dokumen kebutuhan
(final)
High
Desain Sistem dan interface
09/04/2016
•    Prototype
High
Presentasi ke
Stakeholder
23/05/2016
    Feedback mengenai prototype
Medium
Hosting dan
Domain aplikasi
30/05/2016
    Melukakan pembelian hosting dan domain untuk implementasi aplikasi web
Medium
Testing aplikasi
06/06/2016
    Memperoleh dokumentasi testing aplikasi
High










5      PROJECT CONDITIONS


5.1   Project Assumptions

•     Proyek ini diasumsikan suatu proyek yang bertujuan untuk membuat dan mengembangkan aplikasi  layanan  informasi  akademik.
    Proyek ini diasumsikan dapat membantu mahasiswa dan mahasiswi jurusan Industri dalam melihat dan memilih mata kuliah, melihat mata kuliah,monitoring KP/TA.
    Proyek ini diasumsikan suatu aplikasi yang akan selalu diperbaharui informasinya agar dapat memberikan informasi yang aktual bagi yang membacanya.


5.2   Project Issues

Priority Criteria
1High-priority/critical-path issue; requires immediate follow-up and resolution.
2 Medium-priority issue; requires follow-up before completion of next project milestone.
3 Low-priority issue; to be resolved prior to project completion.
4Closed issue.


#
Issue
Priority
Owner
Description
Status & Resolution
1
Anggota tim mendapatk an musibah
Low
Project
Manager
Kemungkinana terjadi hal yang tidak diharapkan yang menimpa anggota tim
Mempunyai anggota cadangan yang siap dipekerjakan sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan
2
Listrik mati pada saat pengemban gan aplikasi web
High
Programmer,Application
Designer
Kemungkinan terjadi mati listrik pada saat pengembangan proyek.
Menyiapkan aliran listrik cadangan menggunakan genset, atau UPS untuk keadaan mendesak.
3
Data Hilang
High
Tim
Proyek
Dimungkinkan sekali data dapat hilang begitu saja
karena ancaman virus dan bencana yang tidak terduga
Melakukan backup secara berkala pada media penyimpanan yang terpisah dengan komputer untuk mengembangan. Menggunakan tools pendukung keamaan komputer pengembangan seperti antivirus.






5.3   Project Risks
#
Risk Area
Likelihood
RiskOwner
Project Impact-Mitigation Plan
1
Waktu untuk melakukan pertemuan sangat sulit
High
Project Manager
Meeting dilakukan dengan mencari hari yang longgar dan sebisa mungkin   diadakan  pertemuan setiap harinya walaupaun hanya sebentar.
Jika belum mengatasi solusi lain adalah  melakukanetmeeting untuk memecahkan masalah jarak dan waktu.
2
Informasi dari stakeholder utama kurang
Medium
Project
Manager
Mencari stakeholder yang lainnya seperti mahasiswa dan alumni yang pernah menjadi warga laboratorium e-bisnis
3
Ruang Lingkup proyek melebar terlalu luas
High
Project
Manajer
Melakukan inisiasi diawa mengenai batasa-batasan  ataconstrains yang terdapat dalam proyek
4
Waktu pengerjaan proyek terlambat dari target
High
Stakeholder
Membuat  schedule  task  pada setiap kegiatan yang berkaitan dengan proyek yang disesuaikan dengan kesepakatan pengerjaan proyek dan jumlah anggota tim.
5
Kurangnya personil tim
Medium
Project
Manager
Mencari   ata merekrut   anggota baru yang sesuai dengan bidang keahlian yang dibutuhkan


5.4   Project Constraints

Batasan dari proyek yang dikerjakan adalah sebagai berikut :

•   Proyek hanya melakukan pengembangan terhadap aplikasi  layanan  informasi  akademik.
    Fitur yang akan diterapkan pada proyek sesuai dengan permintaan stakeholder dan telah di sepakati sebelumnya.
    Proyek berjalan sesuai dengan anggaran yang telah disediakan dan sesuai dengan dokumen kebutuhan yang telah di sepakati. Bila ada kebutuhan yang ingin diimplementasikan namun belum tercantum dalam dokumen kebutuhan, maka akan ditunda dan dilanjutkan pada proyek selanjutnya.
•    Aplikasi web yang dikembangkan dibuat khusus untuk Jurusan Teknik Industri    Fakultas Teknik Universitas Widyatama Bandung.




6      Project Structure Approach

Pendekatan yang dilakukan dalam pembuatan proyek ini adalah dengan melakukan interview seintensif mungkin. Interview dengan pihak stakeholder merupakan metode yang mudah dilakukan karean dengan interview sudah cukup mendapatkan informasi yang dibutuhan. Informasi tersebut kemudian di oleh untuk menjadi sebuah dokume kebutuhan sebagai sarana pengembangan proyek aplikasi web profiling.





7      Project Team Organization Plans

Project Team Role
Project Team Member(s)
Responsibilities
Project Manager
Muhammad Adnan Yusuf
     Melakukan interview terhadap stakeholder proyek
     Melukan pembagian tugas
•    Control Project Team
     Bertanggung jawab atas berjalannya proyek
•    Finnancial
Programmer
I Dewa Putu Sumitra Putra &
I Gusti Ngurah Arya Bawanta
     Melakukan pengembangan website
Application Designer
Guruh Arya Senna
•    Desain interface website
Application Analyst
Donny Aliyanto
     Melakukan analisa terhadap rancangan website
Dokumentator
Daniel Bintar
     Dokumentasi pengerjaan proyek
     Dokumentasi pengembangan website
Tester
Andaru Kharisma
     Melakukan pengujian terhadap fitur-fitur website
•    Memberikan feedback


8      APPROVALS

Prepared by
Muhammad Adnan Yusuf
Donny Aliyanto


Approved by

No comments:

Post a Comment