Friday, May 11, 2012

Penyebab Kecelakaan Pesawat Sukhoi Superjet 100

Pesawat Sukhoi Superjet-100 (SSJ-100) diduga jatuh di Gunung Salak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pesawat yang diduga membawa 42 orang penumpang dan 8 kru serta pilot ini terakhir kali kontak pada pukul 14.33, Rabu 9 Mei 2012. Mengapa hilang kontak, hingga saat ini sedang diselidiki.

 "Pesawat take off ke Pelabuhan Ratu pukul 14.12, lost contact 14.33, sekitar 12 menit (setelah terbang)," kata Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas), Marsekal Madya Daryatmo, soal kronologi hilangnya pesawat buatan Rusia itu. Sesaat sebelum hilang pilot pesawat sempat menghubungi petugas kontrol. "Minta turun 10.000 ke 6.000 kaki," kata dia.

 Koordinat hilangnya pesawat Sukhoi Superjet-100 (SSJ-100) sudah diketahui, di sekitar Gunung Salak. Namun, seperti apa kondisi pesawat baru itu dan nasib 50 penumpangnya masih teka-teki. (Baca daftar 50 penumpang)

 Daryatmo mengatakan, tim darat sedang menuju ke lokasi koordinat hilangnya pesawat. Sedangkan heli yang sebelumnya dikirim harus kembali ke pangkalan karena cuaca sangat buruk. Sekarang, dia menambahkan, Basarnas sedang menunggu informasi dari tim penyelamat yang sedang menuju ke Gunung Salak.

Informasi dari masyarakat dalam bentuk apapun, kata Daryatmo, adalah hal yang sangat berharga. "Semua informasi itu kami jadikan bahan untuk analisis untuk sesegera mungkin diketahui letaknya, memberi pertolongan atau evakuasi," katanya. Sejumlah warga di perkampungan di kaki Gunung Salak memang sempat melihat pesawat itu. Juanda, warga Tenjolaya, Bogor, mengatakan ia melihat pesawat itu sekitar pukul 15.00 WIB, sebuah pesawat besar berwarna putih mengarah ke Gunung Salak. "Pesawat besar itu kelihatannya miring terus dan suaranya agak kasar bergemuruh," ujarnya kepada VIVAnews di Tenjolaya, Bogor, Rabu, 9 Mei 2012.

 Setelah melintas dengan suara gemuruh, katanya, tidak lama kemudian pesawat itu menghilang. "Lalu kami mendengar kabar ada pesawat hilang di Gunung Salak," ujarnya.
SUMBER:VivaNews.com

No comments:

Post a Comment